• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

BERITA

  • Burung Elang dan Burung Rajawali

    Burung Elang dan Burung Rajawali

                                                               

     

                                                                              Oleh: Muafa_4A_14

    Suatu hari burung rajawali ingin berburu mangsa. Lalu burung elang lewat disampingnya. Burung rajawali berkata “Hei elang, kamu bisa berburu mangsa yang paling lincah tidak?” Lalu burung elang menantang “Ayo kalau mau”. “Hah, kau? Jangan bercanda kamu pasti lambat. Hahahaha!” ucap rajawali. Hati burung elang pun tersakiti karena ejekan burung rajawali. Tetapi burung elang tidak membalas ejekan burung rajawali. Burung rajawali dan elang pun berlomba-lomba untuk mendapatkan mangsa yang lincah itu.

    Saat lomba dimulai, mereka berdua pun terbang dengan cepat. Burung elang terbang dengan cepat sampai burung rajawali tidak terlihat. Rajawali yang tertinggal malah justru melewati jalan pintas yang paling gampang untuk dilewati. Rajwali pun keluar dari semak-semak dan mengageti elang. Elang pun kaget dan pingsan terjatuh. Saat burung rajawali hampir mendekati garis finish, burung rajawali menoleh kebelakang dan berpikir kalau nanti dia menang dan bisa memakan mangsa yang lincah itu. Tetapi,burung rajawali tidak sadar bahwa ada pohon di depannya. Lalu dia tertabrak oleh pohon itu. Burung elang bangun dari pingsannya dan terus terbang sampai garis finish. Setelah melewati beberapa jalan yang sangat jauh akhirnya elang menemukan rajawali yang tertabrak pohon.

    Burung elang kecewa dengan rajawali. Tetapi dengan belas kasihannya, akhirnya burung elang membantu burung rajawali bangkit sampai garis finish. Meskipun sudah sampai di garis finish, mangsa mereka berdua sebetulnya sudah pergi. Burung rajawali meminta maaf kalau dia sudah mengejek burung elang. Burung elang memaafkan burung rajawali.

     

    -Alhamdulillah selesai-

     

    Pesan moral dalam karangan tersebut adalah:

    Kita jangan meremehkan orang lain karena kita tidak tahu bahwa mungkin orang tersebut lebih unggul dalam melakukan hal-hal dari kita.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks