• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

BERITA

  • “Tasmi’ GO”

    “Tasmi’ GO”

    “Tasmi’ GO”

     1 Juz Sekali Duduk di ESLUHA

    Every day with Qur’an adalah selogan utama yang menjadi brand di SDIT Luqman Al Hakim Timoho (ESLUHA). Tahfidz Qur’an merupakan program kegiatan unggulan yang dimiliki Esluha. Kegiatan menghafal Al Qur’an ini merupakan kewajiban seluruh warga Esluha. Setiap hari lantunan ayat akan berkumandang ketika pagi hari ataupun di saat jam pelajaran Al Qur’an, yang dibaca oleh para siswa. Target hafalan di Esluha, minimal hafal 3 juz di akhir kelulusan kelas 6. Untuk menguji hafalan para siswa, akan ada Tasmi’ 1 juz sekali duduk jika sudah menyelesaikan 1 juz hafalan.

    Apakah Tasmi’ itu? Tasmi' Secara etimologi, Tasmi' berasal dari kata bahasa Arab, yaitu اِسْتَمِعْ yang artinya mendengarkan.[1] Secara terminologi, tasmi' berarti memperdengarkan beberapa ayat Al-Qur'an kepada pendengar. Secara umum, istilah tasmi' ini dipahami sebagai "melantunkan al-Qur'an yang dihafal tanpa melihat mushaf kepada pendengar (bisa ke ustadz atau teman).[2]

    Di Esluha sendiri Tasmi' biasanya didahulukan dengan menyetorkan hafalan 1 juz sekali duduk kepada ustadz/ah pengampunya. Untuk memotivasi siswa menyetorkan hafalannya 1 juz, maka dibuatlah program Tasmi'Go ini, siswa yang sudah selesai 1 juz akan didaftarkan mengikuti Tasmi'. Program ini akan dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditentukan, biasanya hari Sabtu/Ahad. Pelaksanaan Tasmi' akan dilakukan di rumah salah satu siswa peserta Tasmi' yang berkenaan untuk dikunjungi. Untuk penilaian Tasmi' sendiri juga sudah ada standar kelulusannya, siswa akan dinyatakan mutqin hafalannya jika maksimal kesalahan 10x dalam 1 surat. Jika lebih dari itu maka siswa akan mengulang diprogram Tasmi'berikutnya.

    Namun dikarenakan pandemi ini, program Tasmi' yang biasanya dilakukan di rumah -rumah, akan dilaksanakan di lingkungan sekolah, dengan prokes yang berlaku. Program Tasmi'Go ini bukan hanya berlaku untuk siswanya, namun diwajibkan untuk ustadz/ah  yang sudah menyelesaikan hafalan 1 juz. Semoga program ini, memotivasi siswa maupun ustadz/ah untuk memutqinkan hafalannya masing-masing.

    Sabtu, 12 Februari 2022

    Fadila Azma, S.H

     

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks