• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

BERITA

  • Pentingnya Meneladani Al Qur'an dalam Sehari-hari

    Pentingnya Meneladani Al Qur'an dalam Sehari-hari

     

    Oleh: @rochma_yulika

    Mengapa harus Al Qur'an yang menjadi pedoman manusia? Ibarat rambu-rambu yang akan menjadi petunjuk untuk manusia menuju tujuan yang diharapkan. Lantas kita kembali bertanya kemana tujuan yang hakiki manusia sebagai seorang hamba?

    Kita dapati bahwa setiap yang hidup akan mati, setiap nafas akan berhenti, setiap jiwa akan kembali ke haribaan Ilahi. Dan kematian adalah kenyataan yang tak bisa dipungkiri.
    "Di mana pun kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu berada di dalam benteng yang tinggi dan kukuh. (QS. An-Nisa' 4: Ayat 78)

    Maka agar tak salah arah hingga ke tujuan maka butuh pedoman yakni Al Qur'an dan Sunnah Rasulullah. Dua hal yang akan menjadikan manusia meraih keselamatan di dunia dan akhirat.

    Al Qur'an harus kita percayai adanya. Di awal surat Al Baqarah setelah Alif lam mim, Allah berfirman bahwa, "Ini adalah kitab yang tidak ada keraguan sedikit pun di dalamnya." Begitu tegas Allah memberi pernyataan bagi kita agar mengimani semua isinya.

    Maka apa sebenarnya fungsi Al Qur'an dalam kehidupan manusia?

    1. Al Qur'an ssbagai petunjuk bagi Manusia., Al Quran adalah kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman dan bertakwa daam hidup dan kehidupannya. Hal ini sesuai firman Allah dalam Surat Al A'raf ayat 52:

    وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ - ٥٢

     

      "Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar  pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman." Hal ini dapat terlihat bagi siapa saja (manusia) yang mengikuti petunjuk Al Quran akan mendapatkan kemuliaan, Ketentraman, keselamatan, kemudahan dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

    2. Al Qur'an sebagai sumber Pokok Ajaran Islam. Mengapa dikatakan demikian?  Di dalam Al Quranlah berisi segala pokok syariat dan dalil-dalil syar'i yang mencakup seluruh aspek hukum bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia atau di akhirat. Hal ini sesuai dengan firman Allah Surat An Nisa ayat 105:

    اِنَّآ اَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَآ اَرٰىكَ اللّٰهُ ۗوَلَا تَكُنْ لِّلْخَاۤىِٕنِيْنَ خَصِيْمًا ۙ - ١٠٥

    Sungguh, Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) membawa kebenaran, agar engkau mengadili antara manusia dengan apa yang telah diajarkan Allah kepadamu, dan janganlah engkau menjadi penentang (orang yang tidak bersalah), karena (membela) orang yang berkhianat,  Al Qur'an sebagai bahan utama pengajaran bagi Manusia. Di dalamnya ada ilmu untuk mengetahui jalan yang hak dan batil, antara yang benar dan yang sesat dan lainnya. Hal ini tercantum dalam Surat Yunus ayat 57:

    يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاۤءَتْكُمْ مَّوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَشِفَاۤءٌ لِّمَا فِى الصُّدُوْرِۙ وَهُدًى وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَ -٥٧

    Wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Al-Qur'an) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman. Dengan fungsi Al Quran itulah Al Quran memiliki peran yang sangat penting dalam menjalani hidup. Tujuannya agar hidup berjalan kebenaran dan keselamatan di dunia dan akhirat. Teringat nasihat Sahl Abdullah At Tustari mengatakan, "Tanda tanda cinta kepada Allah SWT adalah tertanamnya rasa cinta terhadap Alquran di dalam hati." Masya semoga rasa cinta ini kelak akan menjadi pemberat amal kita.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks