• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

HALAMAN

  • Al Adab Qablal 'Ilm Al 'Ilm Qablal 'Amal | Rochma Yulika

    Al Adab Qablal 'Ilm

    Al 'Ilm Qablal 'Amal

    Oleh: Rochma Yulika

     

    Belajar Beradab sebelum mencari ilmu agar mudahnya ilmu menjadi nilai diri kita.

    Menyampaikan ilmu dan menuntut ilmu itu adalah agenda kemuliaan.

    Bukankah Rasulullah saja mengatakan bahwa ketika kita berjalan menjemput ilmu maka itu tak lain adalah perjalanan menuju Surga.

    Al adab qablal 'ilm

    Hampir semua Ulama sepakat bahwa “al adab qoblal ilm” adab itu sebelum ilmu.

    Adab itu akhlak sebelum ilmu artinya seorang murid belajar adab sebelum ilmu, seorang guru harus memiliki adab sebelum menyampaikan ilmu, dan bahkan seorang murid belajar dari gurunya adab sebelum belajar ilmunya.

    Hati yang bersih serta akhlak yang terpuji akan menjadikan apa yang kita pelajari menjadi harta yang paling berharga yang kita miliki. Jangan sampai kita melupakan perbaikan akhlak kita sebagai seorang murid, apalagi kala menjadi guru. Penyampaian ilmu itu butuh keteladanan kerena keteladanan seutama-utamanya cara dalam menyampaikan. Bil hal wa bil lisan. Teladan baru menyusul lisan.

    Mengapa demikian?

    Allah SWT sudah mengingatkan kita dalam firmannya dalam surat Al Jumu’ah: 5 “Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal. Amatlah buruknya perumpamaan kaum yang  mendustakan ayat-ayat Allah itu. Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.” 

    Bahayanya ilmu tanpa adab akan merusak. Seolah ilmu hanya untuk permainan. Kajian ilmu jadi trend dan tanpa ruh. Sehingga semua tiada bermakna.

    Al 'ilm qablal 'amal.

    Mu’adz bin Jabal –radhiyallahu ‘anhu- mengatakan,

    العِلْمُ إِمَامُ العَمَلِ وَالعَمَلُ تَابِعُهُ

    “Ilmu adalah pemimpin amal dan amalan itu berada di belakang setelah adanya ilmu.” (Al Amru bil Ma’ruf wan Nahyu ‘anil Mungkar, hal. 15)

    Bahkan dalam ayat Al Quran dikatakan bahwa kita diminta mengilmui terlebih dahulu.

    “Maka ilmuilah (ketahuilah)! Bahwasanya tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah dan mohonlah ampunan bagi dosamu” (QS. Muhammad [47]: 19).

    Sebuah perkataan dan perbuatan tanpa ilmu akan menjadi sia-sia. Dikhawatirkan akan menjadi taklid buta atau sekedar ikutan tanpa pengetahuan.

    Maka wajiblah berhati-hati menyampaikan ilmu tanpa mampu beramal dan beramal tanpa ilmu. Apalagi ilmu tanpa diiringi adab serta akhlakul karimah.

    Ilmu tanpa adab ibarat tanaman tanpa tempat yang subur untuk ditanami, dan amal tanpa ilmu ibarat buah tak tahu dari mana dipetiknya.

    Wallahu a'lam bisshawwab

KOMENTAR

HALAMAN LAINNYA

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: Module 'mysql' already loaded

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: