• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

BERITA

  • Solusi Pendidikan Bermutu dan Berkarakter

    Solusi Pendidikan Bermutu dan Berkarakter

    Solusi Pendidikan Bermutu dan Berkarakter

    Penulis: Syarifudin guru SDIT Luqman Alhakim, Timoho, Yogyakarta

     Juara I Lomba guru Menulis Yang Di Selenggaran ada Musda ke -4 JSIT Yogyakarta 

                                  

    Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa lepas dari kehidupan. Islam menegaskan bahwa menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap orang Islam laki-laki dan perempuan.

    Sekolah berfungsi sebagai tempat transfer pengetahuan dan transfer nilai. Sekolah juga berfungsi mempertahankan dan mengembangkan tradisi dan budaya luhur dalam suatu masyarakat melalui proses pembentukan kepribadian.

    Persoalan pendidikan sekarang sangat kompleks. Pengetahuan yang tinggi tanpa didasari oleh pemahaman tentang nilai-nilai yang benar hanya akan memberi kesempatan tumbuhnya benih-benih kejahatan.

                            Sekolah Islam Terpadu merupakan sekolah dengan latar belakang Islam yang mengedepankan nilai-nilai luhur (karakter) dan tetap menggunakan acuan dari Kemdiknas. Sekolah Islam Terpadu mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Hal ini  dibuktikan dengan semakin banyaknya orang tua yang menyekolahkan anak-anak mereka di berbagai jenjang sekolah, mulai TKIT hingga SMAIT.

    Sekolah bermutu sering diartikan dengan prestasi akademik yang dicapai. Sekolah Islam Terpadu pun mampu menunjukkan buktinya. Segudang prestasi yang telah dicapai Sekolah Islam Terpadu dari tingkat lokal, nasional, hingga internasional membuktikan mutunya sudah teruji.

    Pendidikan berkarakter memerlukan proses pendidikan yang holistik, simultan dan berkesinambungan. Sistem pendidikan tersebut harus mengembangkan beberapa aspek, dan tidak semata hanya mengasah kemampuan akademis peserta didik. Kombinasi pengembangan kecerdasan (kognitif) yang baik dan perasaan (afektif) yang baik akan melahirkan perilaku (psikomotorik) yang baik pula.

                            Sekolah Islam Terpadu telah memberikan solusi tepat dengan menjadikan Islam sebagai landasan filosofis, mengintegrasikan nilai Islam ke dalam bangunan kurikulum. 

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks