• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

BERITA

  • LT 1 Kelas 5 Esluha di Tahura, Gunungkidul

    LT 1 Kelas 5 Esluha di Tahura, Gunungkidul

    Hari Jumat tanggal 23 Agustus 2019 adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa putra kelas 5 SDIT Luqman Al Hakim (Esluha). Hal ini dikarenakan agenda kemah LT 1 (Lomba Tingkat 1) dan segala macam kegiatan yang menyenangkan tengah menunggu mereka. Dengan tema "Sholih, Mandiri, Kreatif", kemah Lomba Tingkat 1 mengambil tempat di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Wonosari, Gunungkidul, seluruh siswa kelas 5 putra akan menghabiskan weekend mereka.

    Siswa bersama pendamping memulai perjalanan dari Esluha menuju tempat berkemah setelah bakda sholat Jumat. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam, akhirnya tiba juga siswa-siswa kelas 5 di lokasi perkemahan. Upacara pembukaan pun segera dilaksanakan. Walaupun matahari sangat terik dan hembusan angin cukup kencang, tidak membuat anak-anak kehilangan semangat untuk membangun tenda yang sedianya akan mereka tempati untuk 3 hari ke depan. Setelah selesai membuat tenda, siswa berbagi tugas untuk memasak dan bersih diri.

    Waktu Maghrib pun tiba. Seluruh siswa bergegas mengambil air wudhu untuk menunaikan sholat Magrib dan dilanjutkan dengan membaca al ma’surat serta gemaji. Alhamdulillah, meski di hutan yang luas tidak membuat mereka lupa bersyukur dan berzikir kepada Allah swt. Setelah sholat Isya, kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni. Setiap regu menampilkan drama atau yel-yel terbaiknya.

    Keseruan berlanjut ketika diadakan kegiatan wisata malam atau lebih dikenal sebagai jurit malam. Kegiatan ini mewajibkan siswa untuk mencari jejak yang sudah diberi tanda oleh pembina. Deg-degan, tetapi pasti menjadi pengalaman tersendiri bagi masing-masing siswa saat menyusuri kegelapan malam.

    Hari kedua di Tahura diisi dengan kegiatan outbond, lomba baris-berbaris, dan lomba memasak. Pada malam harinya, kayu bakar pun disiapkan. Itu artinya, akan diadakan kegiatan api unggun. Kayu bakar mulai dinyalakan. Nyala api yang semakin membesar membuat udara sekitar seketika menghangat. Nyanyian api unggun terus dinyanyikan oleh para peserta kemah.

    Api kita sudah menyala

    Api kita sudah menyala

    Api

    Api

    Api, api, api, api

    Api kita sudah menyala

    Hari Ahad, 25 Agustus 2019 merupakan hari terakhir di Tahura. Semua kegiatan telah terlaksana dan peserta kemah LT 1 pun harus kembali ke sekolah. Tibalah saat yang mendebarkan yakni pengumuman pemenang berbagai lomba. Berikut adalah pemenangnya.

    Juara 1 regu Serigala

    Juara 2 regu Badak

    Juara 3 regu Cobra

    Alhamdulillah, semua senang. Yang juara tidak sombong dan yang belum juara tetap semangat. Akhirnya Tahura menjadi saksi bagaimana setiap siswa menjadi pembelajar yang mandiri, kreatif, dan juga tetap menjaga kesholihannya.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks