• SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta
  • 0274-542928
  • esluha.sekolahku@gmail.com

BERITA

  • Berbagi untuk Merdeka

    Berbagi untuk Merdeka

    Bulan Agustus bagi rakyat Indonesia sangatlah bermakna karena bulan ini adalah bulan kemerdekaan. Pada tahun 2019 ini pula, bulan Agustus bertepatan dengan bulan Dzulhijjah 1440H. Oleh karena itu, siswa-siswi kelas 5 bersama guru kelas 5 dan komite paralel kelas 5 SDIT Luqman Al Hakim (Esluha) mengadakan acara penyembelihan hewan qurban dan bakti sosial dengan tema Berbagi untuk Merdeka.

    Bertempat di SD Negeri 3 Sungapan, dusun Sungapan, Kelurahan Tirtorahayu, Kecamatan Galur, Kabupaten Kulon Progo, acara dimulai dengan sambutan dari pihak sekolah kemudian dilanjutkan penyerahan pakaian pantas pakai untuk acara bakti sosial oleh perwakilan dari siswa kelas 5 Esluha. 

    Seusai sambutan, prosesi penyembelihan hewan qurban pun dilaksanakan dengan diiringi takbir yang dikumandangkan oleh para siswa. Yang mengharukan sekaligus menyentuh hati adalah momen ketika salah satu siswa kelas 5 yaitu Mas Ayubi menyerahkan hewan qurbannya kepada warga. “Mas Ayubi ini sebenarnya menabung uang untuk membeli HP. Akan tetapi karena kelas 5 akan mengadakan acara bakti sosial dan penyembelihan hewan qurban, maka Mas Ayubi mengikhlaskan uang tabungannya untuk membeli kambing. Masya Allah, pengorbanan yang luar biasa yang dapat menjadi teladan bagi kita semua,” ujar Ustadzah Reni sebagai salah satu guru kelas 5 Esluha.

    Guru-guru dan komite dari kedua sekolah juga sempat melakukan acara ramah tamah agar terjalin keakraban. Pada siang harinya, acara dilanjutkan dengan santap hidangan hewan qurban. Setelahnya, para warga setempat mulai berdatangan untuk menghadiri pengambilan daging qurban dan pembagian pakaian pantas pakai.

    “Saya merasa senang dan gembira mengikuti kegiatan qurban, dan berharap tahun depan dapat dilaksanakan lagi.” (Dini, siswi kelas 2 SD Negeri 3 Sungapan)

    “Alhamdulillah, insyaAllah dengan kegiatan qurban dan baksos ini, anak-anak dapat mengerti arti berqurban.” (Bapak Albana, S.Pd, guru kelas 2 SD Negeri 3 Sungapan)

    Acara yang luar biasa ini semoga menjadi tambahan pengalaman bagi semua yang terlibat dan menjadi pembelajaran bagi kita semua. Idul Adha sebagai sarana melatih keikhlasan dan pengorbanan sebagaimana teladan kita Nabi Ibrahim dan Ismail. Sebagai penutup, semoga Allah berkenan menerima amal-amal kita, robbana taqobbal minna.

KOMENTAR

BERITA LAINNYA

Indeks